Umpan Jitu dan Cara Mancing Ikan Gabus

umpan dan cara mancing ikan gabus

Mancing Ikan Gabus

Hari ini, Saya akan membahas tentang umpan jitu dan cara mancing ikan gabus.

Saya tahu, Anda sudah mengenali jenis ikan yang satu ini. Namun tidak ada salahnya jika Saya akan kembali menjelaskan mengenai asal usul ikan gabus ini sebelum Saya melangkah ke pokok bahasan kita.

Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek, aruan, haruan, kocolan, bogo, bayong, licingan, kutuk, kabos dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).

Ikan gabus biasa didapati di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok.

Ada kelebihan ikan gabus, yaitu memiliki kemampuan bernapas langsung dari udara, dengan menggunakan semacam organ labirin (seperti pada ikan lele atau betok) namun lebih primitif.

Itulah asal-usul ikan gabus yang mungkin bisa bisa bermanfaat bagi Anda sebagai tambahan pengetahuan.

Baiklah Saya kembali ke topik artikel,


umpan dan cara-mancing ikan gabus
( Sumber gambar : www.google.com )

Inilah cara mancing ikan gabus yang harus Anda ketahui

Sebetulnya, mancing ikan gabus tidak banyak berbeda dengan mancing ikan pada umumnya
Ada hal yang harus Anda ketahui sebelumnya, bahwa ternyata ikan gabus tidak menyukai cuaca dan kondisi air yang hangat, apalagi panas. Sering kali ikan gabus selalu mencari tempat-tempat teduh sebagai tempat berlindung, seperti dalam lubang atau di pinggiran air yang terlindung oleh dedaunan atau ranting,sama halnya dengan ikan lele dan sejenisnya.

Untuk itu alangkah baiknya jika Anda selalu mencari dan melihat posisi tempat tersebut sebagai salah satu strategi mancing ikan gabus yang baik.

Mancing ikan gabus hendaknya memperhatikan hal sebagai berikut :


Setelah Anda mempelajari dan memahami cara atau tips mancing ikan gabus, maka selanjutnya Saya akan menjelaskan mengenai umpan jitu mancing ikan gabus.
Baca : Cara Memilih Spot Mancing Ikan di Laut

umpan-dan-cara-mancing-ikan-gabus
( Sumber gambar : www.google.com )

Umpan jitu mancing ikan gabus

Sebetulnya, karena ikan gabus ini merupakan kategori pemangsa jenis ikan lainnya, maka boleh dibilang memancing ikan gabus termasuk hal yang mudah dilakukan dengan cara memberikan apa yang biasa ikan gabus mangsa.

Inilah beberapa umpan jitu  mancing ikan gabus yang sering menjadi target mangsanya.

  1. Katak kecil - Katak merupakan target mangsa ikan gabus. Ketika katak berenang di sungai atau di rawa-rawa, ikan gabus selalu terpancing untuk memangsanya karena karena gerakan katak menarik perhatiannya. Untuk itu, sangat cocok sekali jika Anda memanfaatkan hal ini untuk menjadikan katak sebagai umpan mancing ikan gabus.
  2. Ikan kecil Wader - Wader memang menjadi target keganasan ikan-ikan gabus dan jenis ikan lainnya. Karena ukurannya yang memang kecil sering kali seekor ikan gabus dengan leluasa memangsanya. Tentunya tanpa perlawanan. Kecepatanya mengalahkan kecepatan ikan-ikan kecil tesebut. Itulah yang membuat ikan wader sangat baik untuk dijadikan umpan untuk mancing ikan gabus.
  3. Cacing tanah - Tidak hanya ikan gabus saja, ikan mujaer, nila bahkan ikan mas tentu sangat menyukai cacing tanah untuk dilahapnya. Dari aromanya yang menyebarkan bau amis menyengat sangat menarik penciuman dari beberapa jenis ikan untuk menjadi santapannya. Nah, sepertinya jika Anda menggunakan cacing tanah sebagai umpan maka hal tersebut sangatlah tepat. Ikan gabus sangat menyukai aroma bau amis dari cacing tanah tersebut.
  4. Belalang - Belalang juga dapat dipakai untuk memancing ikan gabus, cara memakainya adalah dengan mata kail dikaitkan pada belalang mulai dari ekornya hingga badanya.
  5. Keong kecil - Keong juga menebarkan bau amis yang menyengat, sehingga bisa menarik perhatian beberapa jenis ikan, termasuk ikan gabus. Anda bisa menjadikan keong sebagai umpan mancing ikan gabus dengan cara mengambil isinya dan mengaitkannya pada kail.
  6. Belalang - Belalang biasa hidup dan berkembang di daerah pesawahan. Banyak orang menggunakan belalang sebagai umpan mancing ikan nila, namun siapa sangka jika ternyata ikan gabus juga sangat cocok jika belalang dijadikan umpannya memancing. Karakter ikan nila dan ikan gabus ada kemiripan, dua-duanya dikategorikan sebagai ikan predator.
Selain beberapa jenis umpan mancing ikan gabus di atas, Anda juga dapat mencoba membuat umpan racikan yang diyakini bisa lebih menarik minat ikan gabus untuk melahapnya.

Anda bisa membuat racikan seperti berikut ini,
Semua bahan silahkan Anda racik sesuai dengan kebutuhan memancing Anda. Aduklah seperti halnya membuat adonan untuk kue. Jangan sampai terlalu encer, buatlah lebih keras agar nantinya dapat dibentuk sesuai kebutuhan saat mancing.

Faktor-faktor kegagalan mancing ikan gabus

Adapun faktor-faktor kegagalan dalam memancing ikan gabus adalah :

Itulah yang dapat Saya uraikan pada kesempatan kali ini mengenai umpan jitu dan cara mancing ikan gabus.

Semoga bermanfaat.
Belum bisa disebut Seorang Pemancing Hebat kalau di Android kamu belum ada 14 GAME MANCING IKAN ini!

Label: ,